16 JUNI 2014 PUKUL 10.00 WIB PERESMIAN SENDANGSONO SETELAH RENOVASI

Sabtu, 05 Oktober 2013

Mana kawan dan mana musuh kita ?


Kawan memukul dengan cinta, tetapi musuh merangkul dengan bisa. Pilih yang mana?

Kawan sejati tidak selalu memuji kita, tetapi dia juga siap mengritik, bahkan memukul kita, tetapi semua dilakukannya dengan cinta, karena dia sebenarnya menginginkan kita untuk maju dan berkembang. Kawan sejati memberi masukan atas segala kelemahan kita, marah saat kita membuat kesalahan, memukul kita pada saat kita malas dan melalaikan kewajiban.

Di sisi lain ada juga orang-orang yang seolah-olah mengasihi kita, dia seakan-akan siap membantu dan menolong kita; semua dilakukannya karena mereka ingin menikmati keberhasilan, kekayaan, kepandaian yang kita miliki. Tetapi bila kemauannya tidak terpenuhi, maka ia segera berbalik arah dan memusuhi kita bahkan memiliki rencana untuk menghancurkan kita.

Karena itu hati-hatilah terhadap orang-orang di sekitar kita. Jangan segera percaya bila ada orang-orang yang berbaik hati untuk menolong kita, dan jangan cepat-cepat marah bila ada orang yang mengkritik atau memarahi kita. Amatilah apa yang ada dibalik semua tindakan mereka tersebut sehingga kita dapat mengenali maksud mereka yang sebenarnya.

(Ditulis oleh Dominikus Agus Goenawan)

Aku dedikasikan untuk murid-muridku yang pernah/sering aku marahi....yakinlah, bukan karena benci, tapi demi kebaikan kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar